Thursday, January 30, 2014

Budaya dan Keunikan Korea Selatan


Bukan hanya K-pop atau Korean movies saja, tapi ternyata negeri ginseng ini mempunyai banyak hal unik dan menarik yang patut kita masukkan ke dalam rencana perjalanan Anda.

Pulau Jeju

Pulau Jeju atau Cheju adalah pulau yang terletak di ujung semenanjung Korea dan sangat dekat dengan Jepang. Jarak dari Seoul ke Jeju adalah 446 km dan dan dapat di temput dengan waktu penerbangan rata-rata 1 jam 5 menit. Semenanjung Korea ini memiliki banyak objek wisata yang bisa dikunjungi.

Seongsan Ilchulbong atau Puncak Matahari Terbit (kawah gunung berapi yang memiliki luas 99.000 m² dan tinggi 182 m ini terletak di sebelah timur Jeju). Halla Arboretum (Kebun Raya Halla), disini terdapat 506 jenis pohon, 90 spesies herbal. Terletak di sebelah barat Puncak Namjosun, selatan Kota Jeju. Manjanggul (Gua Manjang), gua ini terbentuk dari aktivitas gunung berapi. Terletak di Desa Donggimnyeong, Kecamatan Gujwa, Kabupaten Jeju Utara, 30 km timur Kota Jeju. Kebun Raya Yeomiji, kebun raya terluas di Asia (12.210 m²). Mengoleksi berbagai jenis tanaman anggrek tropis, dilengkapi dengan observatorium, dan institut ekologi. Institut Seni Bonsai (Bunjae Artpia), terletak di Desa Jeoji, Kecamatan Hangyeong, Kabupaten Jeju Utara.  Air Terjun Jeongbang, terletak 1,5 km di tenggara kota Seogwipo, salah satu dari 3 air terjun utama di Jeju.  Kampung Seongeup. Kampung tradisional yang masih mempertahankan gaya hidup khas rakyat Jeju. Terletak sebelah barat daya Seongsan, Jeju bagian timur. Jika ingin mengetahui bagaimana kehidupan penduduk Korea saat kerajaan-kerajaan maka Anda wajib berkunjung kesini, tempat ini juga terkenal sebagai lokasi syuting nya beberapa drama Korea.
Yongpyong Resort

Di sini Anda bersama keluarga bisa puas bermain ski di tempat bermain ski terbesar di Korea Selatan. Yongpyong Resort berjarak 215 km dari Seoul dengan waktu tempuh 2 jam perjalanan. Saat musim dingin tiba, semua bus di kota-kota besar Korea Selatan membuka rute langsung menuju Yongpyong .

Yongpyong Resort terletak di punggung gunung Balwangsan dan merupakan ski resort pertama di Korea Selatan. Dibuka sejak tahun 1975, rata ketebalan salju di tempat ini adalah 250 cm . Disana terdapat 3 lereng ski seperti the rainbow, red dan silver. Lereng rainbow adalah puncak dengan ketinggian 1.210 meter. Anda membutuhkan waktu 20 menit untuk sampai ke titik ini. Rainbow juga dianggap sebagai lereng paling menyenangkan bagi setiap pecinta ski.

Ada juga lereng-lereng yang diperuntukkan untuk pemain ski pemula seperti yellow run dan the pink run . Sedangkan , lereng new red run dan green run untuk pemain ski level intermediate . Total ada 18 lereng dan 15 lift dengan gondola sepanjang 3,7 km. Gondola tersebut bisa digunakan untuk 8 orang sekaligus. Tak heran jika Yongpyong disebut sebagai ski resort terbesar di negeri gingseng ini. Ia menyediakan arena bermain ski untuk semua kalangan dari pemula, menengah, tingkat lanjut hingga level ahli .

Jeonju Hanok Village

Obyek wisata favorit para turis yang satu ini terletak di jantung kota Jenjou, Jeolla Utara, Korea Selatan. Kota Jeonju ini terletak di tengah-tengah antara Busan dan Seoul, dan jika Anda berangkat dari Seoul menggunakan Bus Express akan memakan waktu 2 jam 45 menit.  Jeonju adalah sebuah desa tradisional dengan sekitar 700 rumah hanok, rumah tradisional gaya Korea. Keunikan hanok inilah yang kerap menjadi salah satu alternatif wisata para turis yang menginginkan kehidupan tradisional ala Korea tempo dulu. Atap-atap hanok melengkung ke atas membuat Jeonju semakin indah. Hanok pada umumnya dibagi menjadi dua bagian yakni anchae dan sarangchae. Anchae adalah bangunan utama sekaligus ruang tidur untuk wanita dan anak-anak kecil  dan terletak di bagian dalam yang jauh dari pintu masuk. Sedangkan sarangchae adalah bangunan untuk pria atau kepala keluarga, termasuk untuk makan dan tidur dan berada dibagian depan.

Dengan menginap di hanok desa ini, Anda juga akan merasakan sistem pemanas unik yang disebut dengan ondol. Karena orang Korea melakukan berbagai kegiatan seperti duduk, makan dan tidur di bawah maka lantai harus tetap dalam kondisi panas. Yang lebih menarik sistem ondol ini bisa menyesuaikan dengan musim yang sedang terjadi. Lantai hanok akan tetap hangat di musim dingin dan sejuk saat musim panas.

Selain dari desa traditional, ada obyek wisata yang patut dikunjungi di daerah ini,  seperti Kuil Gyeonggijeon, Pungnammun Gate dan Omokdae Pavilion.

Seoul

Seoul banyak memiliki istana-istana kerajaan kuno  dari Dinasti Joseon, yg terkenal diantaranya adalah Istana Changdeokgung, istana ini terkenal karena taman-tamannya yang ditata dengan sangat indah dan bangunan-bangunan klasiknya. Di istana ini juga terdapat tempat ibadah kerajaan untuk menghormati leluhur dari Dinasti Joseon dan Huwon (Taman di Halaman Belakang yang juga dikenal sebagai Taman Rahasia)

Selain itu salah satu kawasan paling populer bagi wisatawan di pusat kota tua Seoul adalah Insa-dong. Insa-dong  penuh dengan toko-toko barang antik, galeri-galeri seni,rumah-rumah minum teh tradisional, dan restoran-restoran, serta toko toko buku yang bisa di susuri sehingga Anda dapat merasakan budaya Korea yang sangat indah.

Ditulis Oleh : Burung Manguni Hari: 4:31 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment